Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
seoTama

Warga Tangerang Dirikan Koperasi Daring

May 4 2018 , Written by SEOTAMA Published on #Tangerang, #Daring

Tangerang, 4/5 (Antara) - Sejumlah warga di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, mendirikan koperasi berbasis daring untuk menghindari aksi rentenir yang meminjamkan uang dengan bunga tinggi.

"Ada beberapa warga yang rumahnya telah disita rentenir karena tidak sangup mengembalikan pinjaman," kata Ketua Koperasi Konsumen Berkah Jaya Mandiri (BJM), Masitoh di Tangerang, Jumat.

Masitoh mengatakan BJM telah terdaftar secara resmi pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemkab Tangerang sehingga memiliki dasar hukum.

Menurut dia, belakangan ini di Kecamatan Curug, terutama di Kelurahan Binong marak beroperasi rentenir meminjamkan uang kepada warga tanpa angunan. Bahkan syarat utama peminjam hanya memiliki rumah sendiri, bila tidak mampu membayar cicilan, maka akhirnya disita.

"Tindakan tersebut membuat kami prihatin sehingga memiliki tekad untuk memberantas rentenir dengan mendirikan koperasi," katanya.

Dia mengatakan calon anggota dapat menyimpan, meminjam dan mengawasi melalui daring (online) sehingga keamanan uang terjamin. Demikian pula sisa hasil usaha anggota dapat diketahui melalui telepon selular dan tidak perlu harus klarifikasi ke kantor koperasi yang terletak di Kelurahan Binong, Kecamatan Curug.

Pihaknya mendirikan koperasi tersebut karena ada bank pemerintah sebagai penjamin dan dilakukan pengawasan langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sementara itu, Plt Kepalan Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Tangerang, Banteng Indarto mengatakan keberadaan koperasi BJM sangat membantu warga setempat termasuk pedagang kecil, pelaku UKM dan pemilik warung.

Banteng menambahkan, diharapkan kehadiran BMJ dapat sebagai tulang punggung perekonomian penduduk setempat dan mengikis secara perlahan keberadaan rentenir.

Pihaknya akan memberikan pelatihan kepada anggota BMJ dan koperasi lain yang berminat untuk mendirikan sebagai upaya untuk mendukung perekonomian setempat melalui pinjaman dengan bunga kecil.

 

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: