Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
SEOTAMA

Penyakit Terunik Di Dunia

February 24 2020 , Written by SEOTAMA

Penyakit Terunik Di Dunia

Penyakit merupakan keadaan abnormal dari tubuh dan pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan dan disfungsi  terhadap orang yang dipengaruhinya.

Keadaan ini terbagi menjadi beberapa jenis yakni penyakit menular (disebabkan oleh kuman yang menyerang tubuh manusia, seperti anthrax, cacar air, campak, demam campak, demam berdarah, diare,kolera, rubella, tuberkolosis, dan sebagainya), penyakit tidak menular (tidak disebabkan oleh kuman, tetapi disebabkan karena adanya problem fisiologis atau metabolisme pada jaringan tubuh manusia seperti batuk, sariawan,sakit perut, dan lainnya)., dan penyakit kronis (dapat berlangsung sangat lama dan menyebabkan kematian seperti aids, serangan jantung, dan kanker).

Selain beberapa klasifikasi diatas, ada juga jenis penyakit langka atau bisa dikatakan unik yang terjadi di dunia. Berikut 5 jenis penyakit terunik yang pernah terjadi di dunia:


1.    Progeria
Progeria adalah penyakit yang terjadi karena mutasi gen, tepatnya kelainan protein (Lamin A) di sekitar inti sel atau kesalahan yang terdapat di kromosom seseorang yang mengakibatkan penuaan dini sebelum waktunya. Sindrom ini terbagi beberapa jenis yakni Sindrom Progeria Hutchinson-Gilford (progeria masa kanak-kanak), Sindrom Progeria Werner, (progeria yang diderita oleh remaja), dan Sindrom Progeria Wiedemann-Rautenstrauch (progeria yang menimpa bayi ketika masih di dalam kandungan). Para penderita seringkali mengalami kelainan penyumbatan pembuluh darah sehingga  terlihat seperti lanjut usia. Dapat mengakibatkan stroke atau serangan jantung yang berujung pada kematian. Hingga saat ini, belum ditemukan pengobatan dan pencegahan yang tepat untuk penanganan kasus progeria. Di dunia, hanya ditemukan satu penderita progeria di antara 250.000 kelahiran hidup. Pertama kali ditemukan di London, Inggris, pada 1752.


2.    Alien Hand
Sindrom tangan alien merupakan gangguan saraf langka dimana salah satu fungsi tangan bergerak tanpa sadar. Tanpa sadar biasanya penderita reflek menggerakkan tangannya sendiri, seperti menyentuh muka, meraba-raba benda di sekitarnya atau bahkan merobek-robek pakaian sendiri. Gangguan in juga dikenal dengan sindrom tangan anarkis (anarchic hand syndrome/AHS) dimana pertama kali diidentifikasi pada 1909 dan hanya ada 40 sampai 50 kasus yang tercatat pada masa itu.


3.    Pseudobulbar Affect
Pseudobulbar Affect (PBA) adalah kondisi di mana seseorang tiba-tiba tertawa atau menangis tanpa dipicu oleh sebab apapun. Kelainan ini disebut juga sebagai Pathological Laughter and Crying (PLC). Penderita yang memiliki gangguan PBA akan mengalami emosi secara normal, terkadang akan mengekspresikannya dengan berlebihan, tanpa sebab, dan pada waktu yang tidak tepat. Menurut National Stroke Association, lebih dari 1 juta orang memiliki Pseudobulbar Affect (PBA). Sindrom tersebut terjadi ketika gangguan sistem saraf memengaruhi area otak yang mengontrol ekspresi dari emosi, seperti korteks prefontal.


4.    Persistent Sexual Arousal Syndrome
Kelainan ini merupakan sindrom yang ditandai dengan adanya sensasi yang timbul secara terus-menerus pada daerah genital. Sensasi tersebut berupa rasa gatal, geli, atau nyeri tanpa adanya rangsangan pada daerah genital. Gangguan tesebut terjadi bukan oleh gairah seksual. Ini bisa terjadi beberapa jam, hingga dapat bertahan sampai beberapa bulan, serta dapat menimbulkan gangguan kesehatan, perasaan stres dan tidak nyaman bagi penderitanya. Sindrom ini sendiri dapat diderita siapa pun, baik laki-laki maupun perempuan.


5.    Fibrodysplasia Ossificans Progressiva
FOP adalah kondisi di mana tulang tumbuh di luar kerangka. Pertumbuhan abnormal ini menggantikan jaringan ikat, termasuk tendon dan ligamen. Kelainan tersebut disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu gen ACVR1. Gen ini terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang yang membuat mereka bermutasi menjadi lebih banyak. Hal ini bisa diturunkan dari orang tua, tapi dalam kebanyakan kasus  sering terjadi pada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit ini dari orang tuanya.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: